Dongeng anak tentang kelinci dan lebah

Kisah Seekor Kelinci dan Lebah.
Created by : Errika


Pada suatu hari disuatu bukit yang hijau dan subur, hiduplah seekor kelinci dan lebah yang saling berteman baik. Kelinci tersebut sangat rakus dan egois tentang makanan, tetapi ia mempunyai hati yang baik. Sementara lebah, ia sangat peduli dan sayang kepada kelinci dan telah menganggapnya seperti saudaranya sendiri.

Tetapi suatu hari kotak persediaan makanan dirumah kelinci habis, kelinci yang kelaparan langsung berlari ke ladang untuk mencari makanan. Ketika ia sampai diladang, ternyata tidak ada satu pun tumbuhan yang sudah masak, semua tumbuhan masih berupa benih dan akan tumbuh masak 1 bulan lagi. Kelinci pun kebingungan, ia menangis sambil merasakan perutnya yang lapar.

Lalu tiba - tiba kelinci pun mencium bau yang samgat manis. Setelah dicari, bau manis tersebut berasal dari bunga yang sedang mekar d ladang milik lebah. Karena lapar, kelinci pun menjadi sangat bersemangat dan langsung memakan sari bunga tersebut tanpa meminta izin dari lebah. Dan kemudian tertidur diladang milik lebah.

Keesokan harinya saat lebah ingin memanen sari bunga diladangnya, lebah terkejut melihat ladangnya berantakan dan bunga - bunganya pun habis. Seketika ia sangat marah dan berterik sangat kencang hingga membangunkan kelinci dari tidurnya.

Lebah pun bertanya kepada kelinci, "Apa yang kamu lakukan di ladangku kelinci?". " Aku...aku hanya tertidur disini sebentar lebah" jawab kelinci. Lebah yang tak percaya pun mendekati kelinci, lalu ia melihat noda sari bunga yang manis itu disudut bibir kelinci.

Kelinci kaget, lalu menangis dengan kencangnya dan berkata, "Maafkan aku lebah, aku sangat lapar semalam dan persediaan makananku sudah habis. Di ladangku pun tidak ada satu tanaman yang telah masak. Tiba - tiba aku mencim bau yang sangat manis dari ladangmu dan tanpa sadar aku telah menghabiskan semua sari bunga diladangmu ini. Maafkan aku lebah." kata kelinci sambil menangis sedu.

Melihat kelinci menangis, hati lebah pun terteguh. Lalu lebah berkata, "Baiklah kelinci, untuk kali ini aku maafkan. Tetapi sebagai hukumannya kau harus menanam kembali semua bunga yang telah kau makan". Kelinci pun tersenyum riang dn segera menanam kembali ladang lebah dengan benih bunga yang baru.

Comments

Post a Comment

Popular Posts