Analisis artikel berdasarkan alinea



Analisis paragraph dan alinea dari artikel
                                                             
1. Analisis artikel berdasarkan alinea penjelas/isi
Artikel mengenai “Honda perkenalkan fitur canggih anti - tabrakan”. Dalam artikel ini dijelaskan tentang fitur dan teknologi baru yang dikembangkan oleh HONDA untuk keamanan dalam berkendara. Dalam waktu dekat ini mobil – mobil buatan Honda sudah dapat menghindari kecelakaan tabrakan secara otomatis tanpa harus ada campur tangan manusia. Karena fitur canggih anti tabrakan ini adalah sistem komputer yang canggih dilengkapi kamera dan radar sehingga ketika mobil mau bertabrakan sistem canggih ini sudah mengetahuinya duluan sebelum manusia itu sadar akan adanya tabrakan. Meskipun begitu sistem komputer ini tetaplah hanyalah robot dan tidak dapat mengalahkan intiusi dan perasaan para manusia.

2. Alinea Deduktif berdasarkan posisi kalimat topic
Contohnya :
Honda memperkenalkan teknologi terbarunya yang terbungkus pada sistem Sensing driver-assistive. Fitur keamanan kendaraan ini akan mulai ditanamkan pada beberapa model mulai akhir 2014.

3. Alinea Deskripsi berdasarkan sifat isinya
Karena paragraf ini memberikan sesuatu. Artinya, paragraf ini melukiskan apa yang terlihat di depan mata. Jadi, paragraf ini bersifat gambaran.
a. Kalimat Tidak Efektif :
-  Honda memperkenalkan teknologi terbarunya yang terbungkus pada sistem Sensing driver-assistive.
-  Lalu sistem keempat False Start Prevention Function yang membaca lampu stop pada kendaraan di depan.
b. Kalimat Efektif :
-  Sensing driver-assistive tersebut digambarkan sebagai langkah Honda menuju terwujudnya lalu lintas bebas tabrakan.
-  Sistem ini memiliki lima fungsi utama yakni, sistem Collision Mitigation Braking yang memberikan peringatan audio dan visual bila ada ada potensi tabrakan.
-  Kedua adalah Road Departure Mitigation yang menggunakan kamera untuk memberikan peringatan ketika mobil keluar dari jalurnya.
-  Ketiga sistem Pedestrian Collision Mitigation Steering yang menggunakan radar dan kamera untuk mendeteksi pejalan kaki dan garis batas di sisi jalan.
-  Kelima adalah sistem Lead Car Departure Notification yang menyediakan informasi melalui audio dan visual bila situasi jalan akan bertemu dengan kemacetan lalu lintas.

Sumber :http://suhandreansyah.blogspot.co.id/2014/11/tugas-softskill-analisa-sebuah-artikel.html

Comments

Popular Posts