Artificial Intelligence

1. Definisi AI 
   Kecerdasan buatan berasal dari bahasa inggris "artificial intelligence" atau di singkat AI . yaitu intelligence adalah kata sifat yang berarti Cerdas , sedangkan Artificial artinya buatan . Kecerdasan buatan yang di maksudkan di sini merujuk pada mesin yang mampu berfikir , menimbang tindakan yang akan di ambil dan mampu mengambil keputusan seperti yang telah di definiskan oleh beberapa ahli . begitu banyak definisi2 tentang AI yang di definiskan pada para ahli contoh pada kali ini saya akan mengutip sedikit tentang kutipan definisi AI menurut bapak komputer modern atau computer saint yaitu Alan Turing  " Jika komputer tidak dapat di bedakan dengan manusia saat berbincang melalui terminal komputer maka bisa dikatakan komputer itu cerdas , mempunyai kecerdasan" http://en.wikipedia.org/wiki/Alan_Turing . Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain :
    ~ Sistem Pakar (Expert System)
        System pakar adalah suatu system yang dibuat berdasarkan orang yang benar -benar ahli dalam bidang dan berpengalaman

    ~ Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing)
        Pengolahan Bahasa Alami (natural language processing) adalah suatu bidang yang dimana ai tersebut mengolah perintah bahasa sehari -hari ke dalamAI tersebut agar melakukan sesuatu yang sesuai dengan perintah tersebut.

    ~ Pengenalan Ucapan (Speech Recognition)
        Pengenalan ucapan adalah suatu bidang AI yang mengubah bentuk suara dalam suatu format file agar dapat dibaca dan sebalik na mengubah suatu text file menjadi suara oleh penguna misal nya sepertitelpon untuk orang bisu dan tuli

    ~ Robotika dan Sistem Sensor (Robotics dan Sensory Systems)
        Robotika dan sensor adalah bidang AI yang berfungsi sebagai mendeteksi suatu keberadaan benda sehingga AI tersebut dapat bergerak sesuai dengan program yang telah dirancang

    ~ Computer Vision
        Computer Vision adalah bidang AI yang berfungsi untuk mengetahui hasil inputan dan di keluarkan dalam bentuk visual misal nya pengenalan pola sidik jari dan pengenalan tulisan

    ~ Intelligent Computer-aided Instruction
        Intelligent computer-aided instruction adalah bidang AI yang berfungsi sebagai tutor atau membantu dalam pembelajaran di bidang tertentu

    ~ Game Playingsistem pakar
        Game Playing adalah bidang AI yang dibuat dalam permainan misalnya Deep blue adalah program AI yang dibuat untuk permainan catur
    ~ permainan manusia (games)
    
2. Sudut Pandang AI
   AI dilihat dari berbagai sudut pandang :
   1. Sudut pandang Kecerdasan : mesin menjadi ‘cerdas’ (mampu berbuat apa yang dilakukan oleh manusia)
   2. Sudut pandang Penelitian : studi bagaimana membuat agar komputer dapat melakukan sesuatu sebaik yang dilakukan oleh manusia.
   Domain penelitian :
       1. Mundande task (perception,robotics, natural language,common sense, reasoning)
          * Persepsi (vision & speech)
          * Bahasa alami (understanding, generation & translation)
          * Pemikiran yang bersifat commonsense
          * Robot control
       2. Formal task(mathematics, games)
          * Permainan/games
          * Matematika (geometri, logika, kalkulus, integral, pembuktian)
       3. Expert task (financial analysis, medical diagnostic, engineering, scientific analysis)
          * Analisis finansial
          * Analisis medikal
          * Analisis ilmu pengetahuan
          * Rekayasa (desain, pencarian, kegagalan, perencanaan, manufaktur)
   

3. Paham Pemikiran
   Secara garis besar, AI terbagi ke dalam dua faham pemikiran yaitu AI Konvensional dan kecerdasan komputasional  (CI, Computational Intelligence). AI konvensional kebanyakan melibatkan metoda-metoda yang sekarang diklasifiksikan sebagai  pembelajaran mesin, yang ditandai dengan formalisme dan  analis statistik. Dikenal juga sebagai AI simbolis, AI logis, AI murni dan AI cara lama (GOFAI, Good Old Fashioned Artificial Intelligence). Metoda-metodanya meliputi:

   1.  Sistem pakar: menerapkan kapabilitas pertimbangan untuk mencapai kesimpulan. Sebuah sistem pakar dapat memproses sejumlah besar informasi yang diketahui dan menyediakan kesimpulan-kesimpulan berdasarkan pada informasi-informasi tersebut.
   2. Pertimbngan berdasarkan kasus.
   3. Jaringan bayesian
   4. AL berdasar tingkah laku: metoda modular pada pembentukan sistem AI secara manual

 sedangkan Kecerdasan komputasional melibatkan pengembangan atau pembelajaran iteratif (misalnya penalaan parameter seperti dalam sistem koneksionis. Pembelajaran ini berdasarkan pada data empiris dan diasosiasikan dengan AI non-simbolis, AI yang tak teratur dan perhitungan lunak. Metoda-metoda pokoknya meliputi:
    1. Jarigan Syaraf :sistem dengan kemampuan pengenalan pola yang sangat kuat
    2. Sistem fuzzy   : teknik-teknik untuk pertimbangan di bawah ketidakpastian, telah digunakan secara meluas dalam industri modern dan sistem kendali produk konsumen.
    3. Komputasi Evolusioner:menerapkan konsep-konsep yang terinspirasi secara biologis seperti populasi, mutasi dan "survival of the fittest" untuk menghasilkan pemecahan masalah yang lebih baik.

4. Contoh AI
Berikut ini merupakan salah satu contoh AI dari film Ironman.
Jarvis adalah singkatan dari Just A Rather Very Intelegent System .Jarvis inimerupakan komputer hologram yang dibuat oleh Tony Stark dalam film Ironman.Dalam film iron man Jarvis adalah komputer super pintar yang mampu berkomunikasi dengan Tony Stark sang tuannya ( pencipta ). Tugasnya mengelola segala sesuatu yang berhubungan dengan baju jirah Iron Man, data - data dan mengerjakan apa yang diperintahkan tuannya. Jarvis cukup AI canggih, mampu berinteraksi dengan manusia seperti orang hidup. Ia memiliki pengetahuan ilmiah yang sangat mendalam dan mampu membantu Tony Stark dalam penelitiannya. Tanpa Jarvis maka Tony Stark kesulitan dalam mengoperasikan Iron Man dan pekerjaannya. Jarvis merupakan gabungan antara data dan kecerdasan buatan, sehingga semua perintah ( data processing, robot functioning, mechanical controlling, hacking, dan lain – lain ) dengan input berupa suara dan display hologram apa pun bisa direspon dengan cepat.

Jarvis adalah sebuah program software multi fungsi mampu mengelola lingkungan lokal interior rumah Tony Stark. Ini menggunakan antar muka pengguna yang sangat maju dengan periferal holografik dan input suara, dan mengkomunikasikan data kembali ke user melalui pidato audio, menampilkan holografik dan monitor LCD konvensional. Ini juga mengontrol sejumlah peralatan robot, terutama unit gudang senjata tersembunyi di lantai rumah Stark yang memfasilitasi masuk dan jalan keluar dari sebagian besar Iron Man armor. Jarvisjuga telah di adaptasi untuk dimuat ke dalam baju besi Iron Man untuk digunakan sebagai program sistem kontrol. Dalam kapasitas ini mengatur persyaratan komputasi yang kompleks yang diperlukan untuk antar muka pemakai baju besi dengan berbagai sub sistem, serta memberikan kontrol pendukung sistem tersebut dapat berjalan pada baju besi Iron Man. Namun sayang Jarvis saat ini hanya sebatas “rekaan” dari pembuat film Iron Man. Tidak menutup kemungkinan teknologi Jarvis ini ada pada masa depan.

    
    

Comments

Popular Posts