Device input - output dan Elemen Pembentuk Grafik
MAKALAH
GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA
DEVICE INPUT DEVICE
OUTPUT DAN ELEMEN-ELEMEN
PEMBENTUK GRAFIK
KELAS : 3KA29
NAMA :
-
CAHYANING ARI RAMANDANI
-
ERRIKA
-
PRIDA MARTSHELA PS
KATA
PENGANTAR
Assalamualaikum
Wr. Wb.
Alhamdulillah
puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga kami
dapat menyelesaikan penulisan makalah tentang Device input-output ini dengan
lancar. Makalah Device input-output ini bertujuan untuk melengkapi Tugas Pengolahan
Citra dan untuk meningkatkan pengetahuan tentang penggunaan Device
input-output.
Dalam
Makalah ini menjelaskan Device input-output secara detail dari mulai pengertian
,contoh ,dan gambar dari Device input-output.
Dengan
ada-Nya Makalah ini kami berharap dapat menambah wawasan ataupun menambah
Referensi dalam kaitan-Nya dengan Device input-output. Kami mohon maaf, jika
terdapat suatu kekurangan karena pengetahuan yang masih kurang. Mohon bimbingan
Bapak Dosen selaku dosen kami agar kami lebih mengerti banyak tentang Hal
tersebut.
Wassalamualaikum
wr. Wb.
Jakarta,
14 Oktober 2015
Penulis
.
A.
Input Device
Komputasi, perangkat input adalah segala perifer (bagian
dari peralatan perangkat keras komputer) digunakan untuk menyediakan data
dan sinyal kontrol untuk sistem pengolahan informasi seperti komputer atau
peralatan informasi lainnya. Input dan output perangkat membuat antarmuka
hardware antara sebuah komputer dan scanner atau controller 6DOF. Banyak
perangkat input dapat diklasifikasikan menurut :Modalitas masukan (gerak
mekanikal misalnya, audio, visual, dll)Input adalah diskrit (penekanan tombol misalnya)
atau kontinyu (misalnya posisi mouse,meskipun digital menjadi kuantitas
diskrit, cukup cepat untuk dipertimbangkan kontinu)Jumlah derajat kebebasan
yang terlibat (misalnya dua-dimensi tikus tradisional, atau tiga-dimensi
navigator dirancang untuk aplikasi CAD)Unit ini berfungsi sebagai media untuk
memasukkan data dari luar ke dalamsuatu memori dan processor untuk diolah guna
menghasilkan informasi yang diperlukan. Inputdevices atau unit masukan yang
umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboarddan mouse, keyboard dan
mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengankomputer. Selain itu
terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan
dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital
yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari
user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam
suara ke dalam komputer.Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan
data dari luar sistem ke dalam suatumemori dan processor untuk diolah dan
menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem
komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input.Signal input
berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance
input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi
Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan
untuk memasukkan program.
Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan
menjadi dua yaitu:
• Peralatan Input Langsung
Yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat
pemroses.
Contohnya
: keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan Input Tidak Langsung,
Input
yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses.
Contohnya
: punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa
macam peranti yaitu :
a.
Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam
suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan
huruf, angka, karakter khusus serta sebagaimedia bagi user (pengguna) untuk
melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan
membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesinketik yang
diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan
padatahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard
yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard
ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO
(International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah
104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu
port serial, ps2,usb dan wireless.
Gambar keyboard
:
Jenis-Jenis Keyboard :
1.)
QWERTY
2.)
DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard
yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti
tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1.
Typewriter Key
2.
Numeric Key
3.
Function Key
4.
Special Function Key.
-
Typewriter
Key
Tombol ini
merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik
yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut :
•
Back Space
Tombol yang berfungsi untuk menghapus 1
character di kiri cursor
•
Caps Lock
Bila
tombol ini ditekan, maka lampu indikator caps lock akan menyala, hal ini
menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar atau Kapital,
bila lampu indicator caps lock mati, maka huruf akan menjadi kecil.
•
Delete
Tombol
yang berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor .
•
Esc
Tombol
ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
•
End
Tombol
ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja
•
Enter
Tombol
ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses
perintah.
•
Home
Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri
atas layar
•
Insert
Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan
character.
•
Page Up
Tombol ini berfungsi untuk meggerakan cursor 1
layar ke atas
•
Page Down
Tombol ini berfungsi untuk Menggerakkan cursor
1 layar ke bawah
•
Tab
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor
1 tabulasi ke kanan.
-
Numeric
Key
Tombol
ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow
key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai
angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai
arrow key.
-
Function
Key
Tombol
ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini terdiri dari F1 s/d F12.
Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.
-
Special
Function Key
Tombol
ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila
ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan
bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursor menekan bersamaan
ctrl dan arrow key.
b.
Mouse
Mouse adalah
salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan
pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis
dan cepat di banding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal
sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface).
sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil
di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse
terdiri dari tiga tombol, Umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol
kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll),
dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri
disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse
berada pada objek yang ditunjuk,tetapi bila tidak berada pada objek yang
ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya
yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa
melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan
berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol
kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double
click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan
(right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2,
usb dan wireless.
Gambar
mouse :
c. Touchpad
Unit
masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan
menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti
mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing
stick dan trackball
Gambar
touchpad :
Gambar
pointing stick dan trackball :
d. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan
untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen
memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya kekomputer yang kemudian
direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik
setiap baris per detik.
Gambar
light pen :
e. . Joy Stick dan Games Paddle
Alat
ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya
berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi
terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak
suatu objek dalam komputer.
Gambar
joystick dan games paddle :
f. Barcode
Barcode
termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk
membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical
yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya
menempel pada produk- produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku.
Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia
untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
Gambar
barcode :
g. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi
untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam
memori komputer.Dari memori komputer selanjutnya,disimpan dalam harddisk
ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin
fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada
kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor
terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi
dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file
gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk
mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk
melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan
untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional.
Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat
mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner
untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas
OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin
objek dalam bentuk teks.
Gambar
Scanner :
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi
DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner
untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir
untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan
pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol
serta dapat menggunakan kertas biasa.
h. Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga
komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera
Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan
cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera
digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat
membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana
kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori
kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer
kekomputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam
jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan
kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video
Gambar
kamera digital :
i.
Mikropon
dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau
memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk
mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat
berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon
ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input
suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
Gambar
Mikropon dan Headphone :
j. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat
rancangan bangunan, rumah, mesinmobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics
Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada
monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan
jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan
tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane
sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah
yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X
– Y.
Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touchsensitive pad) tanpa
menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada
bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
Gambar
Graphic pads :
B. Output Device
Tiga
golongan pertama merupakan output yang digunakan langsung oleh manusia Unit
keluaran antara lain terdiri atas: monitor, printer, plotter, dan speaker.
Output yang dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan ke dalam empat
macam bentuk sebagai berikut :
a.
Monitor
Monitor
merupakan unit keluaran yang memberikan informasi kepada pengguna komputer.
Tipe-tipe monitor yang sudah dikenal adalah :
(1)
CGA (Color Graphic Adapter) Tipe monitor standar IBM yang mempunyai kualitas
resolusi rendah. Monitor ini hanya mampu menampilkan 4 warna dalam mode grafis.
(2)
EGA (Enhanced Graphic Adapter) EGA merupakan tipe monitor yang tingkatannya di
atas CGA. Monitor ini mampu menampilkan 16 warna dalam mode grafis.
(3)
EPGA (Enchanced Professional Graphic Adapter) Monitor ini mampu menampilkan 256
warna pada mode grafis. Monitor ini disebut juga sebagai monitor PEGA atau PGA
(4)
VGA (Visual Graphic Adapter) VGA merupakan tipe monitor yang sekarang banyak
digunakan. Gambar yang dihasilkan mempunya warna sampai jutaan. Mode grafisnya
tampak lebih nyata di mata..
(5)
LCD (Liquid Crystal Display) LCD dikenal sebagai monitor flat atau latar data
denganresolusi rendah, yang memiliki kemampuan menampilkan warna sampai jutaan.
LCD menggunakan persenyawaan cair yang mempunyai struktur molekul polar dan
diapit oleh duaelektode yang transparan
b. Printer
Printer
adalah sebuah peralatan dari komputer yang dapat mencetak teks atau gambar ke
media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi. Printer
berdasarkan alat mekanik atau proses kerjanya yang digunakan, dibagi 2 yaitu :
A. Impact,
printer secara bekerja dengan kertas dimana proses cetaknya dengan menggunakan
jarum yang menghasilkan titik kotak (dot matrix).
B. Non
Impact, printer yang bekerja secara mekanik, yaitu penyemprotan dan
elektronik pada media
cetaknya.Berdasarkan perkembangan teknologinya: Pin Dot matrixInk jetLaser
ThermalPin dot matrix diklasifikasikan berdasarkan jumlah pin yang dimiliki
oleh head printer, yaitu 9,18 dan 24. Transmisi yang digunakan, yaitu transmisi
paralel (byte-by-byte) dan transmisi serial(bit-by-bit transmission). Metode
pencetakan terdiri dari huruf per huruf (characeter by character), baris per
baris (line by line), atau halaman per halaman (page by page). Secara umum
printer yang umum digunakan terdiri dari tiga jenis, yaitu.Dot matrix,
contohnya Epson LX-300, LX-800, LQ-1170Inkjet, contohnya Hp Deskjet, Cannon
Buble jetLaser jet, contohnya HP Laser jet 1000, 1010, 1020
c. Plotter
Plotter
digunakan untuk mencetak gambar ukuran yang cukup besar, seperti gambar mesin
dan konstruksi bangunan.
d. Speaker
Speaker
akan memberikan informasi dalam bentuk suara. Apabila Anda mendengarkan lagu melalui
komputer yang terhubung Internet dan terhubung pada saluran pemancar radion
online,maka unit keluaran yang diperlukan adalah speaker.
Elemen-elemen Pembentuk Grafik :
A. Pemodelan Geometris
•
Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model
geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer :
Shape/bentuk
Posisi
Orientasi
(cara pandang)
Surface Properties / Ciri-ciri Permukaan
(warna, tekstur)
Volumetric Properties / Ciri-ciri
volumetric (ketebalan/pejal, penyebaran cahaya)
Lights/cahaya (tingkat terang, jenis
warna)
•
Pemodelan Geometris yang lebih rumit :
Jala-Jala segi banyak: suatu koleksi
yang besar dari segi bersudut banyak, dihubungkan satu sama lain.
Bentuk permukaan bebas: menggunakan
fungsi polynomial tingkat rendah.
CSG: membangun suatu bentuk dengan
menerapkan operasi boolean pada bentuk yang primitif.
Human Visual System
Retina manusia mencakup 2 macam dari
photoreceptor, rod dan cones
The fovea, kumpulan padat berbentuk
kerucut/cones, bertanggung jawab untuk visiwarna terperinci.
•
Fovea di bagian retina terdiri dari dua
jenis receptor:
Sejumlah cone receptor, sensitif
terhadap warna, visi cone disebut photocopic
vision
atau bright light vision.
Sejumlah rod receptor, memberikan gambar
keseluruhan pandangan dan sensitive
terhadap
iluminasi tingkat rendah, visi rod disebut scotopic vision atau dim-light
vision.
• Blind Spot adalah bagian retina yang
tidak mengandung receptor sehingga tidak dapat menerima dan menginterpretasi
informasi pembentukan citra oleh sensor mata
• Intensitas cahaya ditangkap oleh
diagram iris dan diteruskan ke bagian retina mata.
• Bayangan obyek pada
retina mata dibentuk dengan mengikuti konsep sistem optic dimana fokus lensa
terletak antara retina dan lensa mata
.• Mata dan syaraf otak dapat
menginterpretasi bayangan yang merupakan obyek pada posisi terbalik.Grafik
•
Points, vectors, dan koordinat
Dot dan cross products
Dasar Matematika yang Diperlukan dalam
Grafik Komputer, yaitu :
Geometry (2D, 3D)
Trigonometry
Vector spaces
DAFTAR
PUSTAKA :
http://achmadsulaiman.blogspot.co.id/2011/10/device-input-output-grafik-komputer-dan.html
Comments
Post a Comment